Dibanderol Rp 3 Jutaan, Secanggih Apakah Android Nokia 6 ?

Dibanderol Rp 3 Jutaan, Secanggih Apakah Android Nokia 6 ?

Usai tertidur terlalu lelap, kini Nokia bangkit membawa sebuah ponsel Android bertitel Nokia 6. Tentu, sekembalinya merk legendaris yang sempat merajai industri ponsel dunia ini langsung dibebani  sejumlah harapan dari ‘mantan’ penggunanya terdahulu. Lalu apa saja kecanggihan Nokia 6 ini ?

Desain & Layar



Nokia 6 resmi dirilis HMD Global di China dengan membawa desain kotak khas Nokia. Bodinya menyodorkan material metal aluminum seri 6000, dan tombol home yang memiliki fungsi lain sebagai pemindai sidik jari.

Dimensi Nokia 6 sekitar 154 x 75.8 mm dengan bodi ramping 7,85 mm dan  bobot 148 gram. Untuk masalah warna, Nokia tampaknya tak mau ambil pusing dengan menawarkan hanya satu warna saja, hitam.

Sedangkan disektor layar, Nokia 6 memiliki layar sentuh dengan bentang 5,5 inci berkualitas Full HD beresolusi 1.080 x 1.920 piksel. Tingkat kerapatan layarnya mencapai 403 piksel per inci. Itu berarti, kejernihan ponsel ini tidak perlu diragukan lagi.

Satu yang cukup unik, dalam kemasannya, Nokia membawa kita bernostalgia dengan kehadiran logo jabat tangan yang dibuat lebih segar dengan genggaman yang tak biasa. Logo genggaman tangan ini begitu khas diletakan Nokia pada ponsel terdahulu. Baik itu pada kemasan dus maupun logo saat kali pertama menghidupkan ponsel.



Konektifitas & Spesifikasi


Nokia 6 memiliki sejumlah konektifitas yang cukup lengkap, seperti adanya fitur Dual SIM yang bisa berjalan pada jaringan 4G LTE Cat4 yang mampu menyemburkan kecepatan hingga 150/50 Mbps. Selain itu, Nokia 6 juga menyuguhkan sejumlah konektifitas lain berupa Wi-Fi, Hotspot, GPS navigasi, Bluetooth, NFC dan USB OTG.

Dibanderol Rp 3 jutaan, Nokia 6 dibekali spesifikasi yang tergolong cukup tangguh yakni chipset Qualcom Snapdragon 430, GPU Adreno 505, RAM 4GB, memori internal 64GB serta baterai berkapasitas 3000 mAh.

Berkat spesifikasi tersebut, Nokia 6 sudah bisa mengantongi sistem operasi Android Nougat 7.0. Sementara itu, untuk dukungan audio perusahaan asal Finlandia ini juga tak main-main dengan menyodorkan audio Dolby Atmos dengan amplifier ganda.

Kamera Nokia 6



Nokia 6 dibekali kamera utama beresolusi 16 MP dengan dukungan fitur Dual LED Flash, PDAF Sensor, Autofocus, HDR dan masih banyak lagi. Sayang, untuk perekeman gambar Nokia tak membubuhi kemampuan 4K video melainkan masih disokong kualitas Full HD 1080p@30fps.

Untuk melengkapi hasrat bernarsis, Nokia mempersenjatai kamera selfie 8MP yang memiliki lensa wide angle 84 derajat.

Harga



Nokia 6 ini dijual khusus di pasar China melalui retail online JD dengan banderol 1.699 yuan atau setara Rp 3,2 juta. HMD menjanjikan bakal ada lagi produk Nokia Android selanjutnya yang kemungkinan besar menyapa pasar dalam waktu dekat. Belum diketahui kapan ponsel ini beredar secara global. Demikian sebagaimana dikutip JerukNipis.com dari GSMArena, Senin (9/1/2017).

Nokia 6 pada awalnya dikabarkan bakal bertitel Nokia D1C, dan diharapkan akan memulai debutnya di perhelatan Mobile World Congress di Barcelona bulan depan, kini rumor tersebut ternyata meleset dari kenyataan saat ini.

(ARB)