Leica M 10 Resmi Rilis, Begini Kecanggihanya

Leica M 10 Resmi Rilis, Begini Kecanggihanya

Usai tertidur pulas selama 5 tahun sejak kemunculan  Leica M 240 pada tahun 2012 lalu, akhirnya perusahaan yang bermarkas di kota Wetzlar, Jerman ini meresmikan produk terbaru bertitel Leica M 10. Kamera ini disebut-sebut membawa sederet pembaharuan yang cukup canggih.

Masih tetap mempertahankan desian klasik, namun untuk ketebalannya dipangkas menjadi sangat tipis. Ketebalan bodinya dibuat hanya sekitar 33,75mm saja, sehingga menjadikannya yang paling tipis diantara kamera Leica M-system lainnya.  

Sebagaimana dikutip JerukNipis.com dari dpreview, Jumat (20/1/2017), perubahan yang paling kentara yakni adanya ISO dial di bagian atas kamera. Dengan begitu, para fotografer bakal menjadi sangat terbantu untuk mengendalikan exposure dalam melihat dan mengubah setting dengan cepat.

Sistem rangefinder pada M 10 juga tampil lebih baik dari sebelumnya. Kali ini Leica menyodorkan sudut pandang 30 persen lebih lebar dari sebelumnya dengan rasio pembesaran yang juga ditingkatkan menjadi 0,73x dari 0,68. Jarak optimal rangefinder ke mata fotografer juga ditingkatkan menjadi 50 persen, sehingga kamera ini lebih nyaman digunakan oleh fotografer berkacamata.

Untuk memotret, Leica M10 dibekali sensor CMOS full frame 24MP yang dipasangkan dengan prosesor Leica Maestro II. Sensor terbarunya ini diklaim bisa menghadirkan gambar dengan rentang dinamis, ketajaman, serta kontras yang lebih baik.

Sementara itu,  pengaturannya ISO nya menawarkan ISO 100 hingga 50.000 (bisa diekspansi dari ISO 100 hingga 50.000). Kemampuannya menekan noise di ISO tinggi pun diklaim lebih baik dari generasi lawasnya. Disokong performa prosesor Leica Maestro II, M10 menjadi yang paling cepat diantara M-system lain karena mampu memotret tanpa henti dengan kecepatan 5 fps di resolusi penuh.


Kinerja M10 juga ditingkatkan dengan buffer 2GB dan processor Maestro II. M10 juga  sudah membawa fungsi Wifi yang bisa digunakan untuk mentransfer file foto dalam bentuk RAW, dan JPG yang bisa ditransfer lewat smartphone.

Sayang, pada Leica M10 fungsi merekam video ditiadakan sehingga kamu tidak akan menemukan lagi tombol video di bagian atas kamera dan isi menu juga jadi tidak banyak.

Tertarik membelinya ? kamu harus merogoh kocek senilai USD6.595 atau senilai Rp88 juta. Kamera ini akan mulai dipasarkan pada tanggal 19 Januari.

(ARB)