Nokia Viki Voice Assistant, Bakal Jadi Penantang Berat Apple Siri ?

Nokia Viki Voice Assistant, Bakal Jadi Penantang Berat Apple Siri ?

Perlahan tapi pasti, pelan-pelan Nokia mulai bangkit dan menunjukan taringnya lagi. Setelah merilis Nokia 6, perusahaan yang diotaki Rajeev Suri ini dikabarkan siap menantang asisten Virtual Siri, Google Assistant, atau bahkan Cortana.

Hal ini terendus lantaran Nokia kedapatan tengah mengajukan merek dagang untuk asisten suara pribadi yang disebut Viki di Uni Eropa. Disinyalir, Viki merupakan nama untuk asisten personal virtual yang saat ini sedang dikembangan.

Tertulis dalam keteranganya,ia berfungsi sebagai asisten web yang bekerja sama dengan pengetahuan digital dan menyatukan semua sumber data ke dalam satu chat dan interface berbasis suara.

Spekulasi lain juga menyebut, Viki nantinya tak hanya terbatas suara saja melainkan bisa digunakan untuk mendeteksi perangkat lain dengan fungsi berbeda.



Seperti diketahui, saat ini sejumlah vendor berlomba-lomba membuat asisten virtual setelah Apple Sukses dengan Siri. Kemudian mengekor Google dengan Google Assistant dan ponsel Windows 10 yang mengandalkan Cortana.

Baru-baru ini Samsung juga dikabarkan ingin mandiri menciptakan asisten suara virtual yang diberi nama Bixby. Ia diprediksi bisa memiliki kemampuan serupa Siri.

Bahkan tak menutup kemungkinan bakal jauh lebih pintar lantaran memiliki sistem lebih luas. Misalnya, fitur tersebut bisa langsung membuka aplikasi Galeri ketika pengguna meminta untuk menunjukkan foto dan video. Bixby sendiri kemungkinan bakal menggantikan S Voice di Galaxy S8 nanti.

Tak hanya Samsung, Raksasa teknologi Tiongkok, Huawei juga latah ikut-ikutan menghadirkan aplikasi kecerdasan buatan Amazon, Alexa, dalam ponsel terbaru miliknya. Ia difungsikan sebagai asisten digital berbasis cloud dengan aktivasi suara yang memiliki kelebihan bisa mengontrol perangkat rumah pintar atau menjawab berbagai macam pertanyaan. Demikian sebagaimana dikutip JerukNipis.com dari Ubergizmo, Senin (9/1/2017).

Nah, kita tunggu saja Jerukers. Senjata seperti apa yang bakal digunakan untuk memenangkan pertarungan ini.

(ARB)