Terungkap, Hasil Investigasi Samsung Penyebab Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Terungkap, Hasil Investigasi Samsung Penyebab Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Seperti yang dijadwalkan, Samsung akhirnya mengungkapkan secara resmi hasil dari investigasi yang dilakukannya selama 5 bulan. Menurut hasil penyelidikan Samsung, baterai menjadi biang kerok yang paling utama.

Sebagaimana dilansir JerukNipis.com dari Mashable, Senin (23/1/2017), Samsung Mobile chief, DJ Koh menyebutkan paling tidak ada 2 buah masalah yang menyebabkan baterai samsung Galaxy Note 7 mudah terbakar.



Permasalahan pertama, Samsung menyebut menyisipkan baterai dengan ukuran terlalu besar untuk casing Note 7, sehingga menyebabkan sejumlah perangkat mengalami peningkatan suhu secara signifikan. Akibatnya, perusahaan yang dibangun oleh Lee Byung-chull ini harus melakukan proses recall pada perangkat tersebut dan menggantinya dengan baterai dari pemasok berbeda.

Permasalahan kedua, Samsung mengatakan terdapatnya cacat pengelasan dari pabrikan Amperex Technology manufaktur yang baru ditunjuk. Dengan begitu, menyebabkan hubungan pendek internal hingga lagi-lagi Samsung Galaxy Note 7 terbakar dan terpaksa harus dihentikan penjualannya.

Akibat dari adanya insiden ini, Samsung membentuk grup baru penasihat pihak ketiga, yang didukung oleh profesor dari Universitas of Cambridge, UC Berkeley dan Stanford University. Selain itu, Samsung juga membuat alat pemeriksaan baterai berteknologi X-Ray yang mampu menguji baterai dengan kondisi ekstrem.



(ARB)