Advertisement
Sambut Akhir Tahunmu Dengan Promo yang Menarik dan Bonus yang Banyak hanya di Jeruknipis.com !!!
Smartfren
Review: HTC Radar, Windows Phone 7.5 aka Mango Pertama dari HTC

News > Gadget

Review: HTC Radar, Windows Phone 7.5 aka Mango Pertama dari HTC

Posted at 2012-03-05 06:40:31 (958 view)

Selain Android, HTC juga mempunyai smartphone dengan menggunakan OS platform yang bisa dikatakan sudah cukup exist di dunia smartphone. Windows Mobile dulu dikenal sebagai platform smartphone yang dirilis oleh Microsoft. Sekarang nama tersebut berubah menjadi Windows Phone semenjak memasuki versi 7.0

Saat ini Windows Phone sudah mencapai versi 7.5 yang dikenal dengan Mango. Sekarang di meja saya ada sebuah smartphone keluaran HTC yang menggunakan OS Platform Windows Phone yaitu HTC Radar. Seperti apa review HTC Radar ini? Yuk simak tulisan saya berikut ini:

Material yang digunakan pada HTC Radar ini adalah kombinasi Unibody dengan plastik yang terlihat sophisticated. Dengan balutan warna putih kombinasi silver, terlihat bersih dan sedap dipandang. Pada tampilan layar berukuran 3.8inch yang full touchscreen terdapat button back, home dan juga search yang juga touchscreen lalu terdapat kamera depan VGA untuk video chat yang bersebelahan dengan speaker untuk menelpon. Pada bagian sisi kanan terdapat tombol volume dan camera shutter, sisi kiri terdapat port microUSB, sisi atas terdapat tombol power dan headset jack 3.5mm. Terakhir pada bagian belakang terdapat loudspeaker dan juga camera 5MP beserta LED Flash. Dengan ukuran casing 120.5 x 61.5 x 10.9 mm dan mempunyai beban 137 g menjadikannya pas digenggam meskipun beratnya tidaklah ringan.

Layarnya menggunakan S-LCD capacitive multitouch touchscreen, mempunyai resolusi layar 480 x 800 pixels, dengan ukuran 3.8 inches dan berbahan Gorilla Glass display dari Corning. Saya coba test layarnya cukup responsive dan tidak lag. Membuka menu, slide menu tidak ada masalah. Multitouchnya pun lancar tidak ada masalah sedikitpun pada layar.

Tampilan user interfacenya apabila pernah melihat tampilan Windows Phone versi 7.0 sebenarnya tidak banyak perbedaan. Yang pasti semua widget dapat terlihat, dan semua aktifitas aplikasi yang ditampilkan di widget bisa terlihat tanpa perlu membuka aplikasinya. Sangat sederhana tetapi lengkap, semua tersedia di layar. 

Untuk mendownload dan membeli aplikasi, Windows Phone mempunyai Windows Marketplace. Disitu terdapat ribuan aplikasi yang bisa diinstall apabila Anda sudah mempunyai ID Windows Live. Aplikasinya pun banyak juga dari mulai yang gratis hingga berbayar. Enaknya lagi, untuk aplikasi berbayar beberapa yang kami test banyak free trial sehingga anda bisa mencobanya sebelum memutuskan untuk membeli aplikasi tersebut. Dan banyak aplikasi yang mungkin sebelumnya Anda menggunakan Android dan iOS, beberapa aplikasi tersebut juga tersedia untuk Windows Phone.

Browser bawaan juga cukup menarik, pasalnya sudah  mendukung untuk menampilkan tampilan Flash, ketika di test untuk membuka tampilan Desktop pun tidak ada masalah.

Dukungan Email juga sangat menarik tampilannya. Selain itu email ini juga bisa tersinkronisasi dengan contacts, calendar juga. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi apabila ingin memindahkan contacts dan calendar Anda dari smartphone lama ke Windows Phone selama yang lama tersinkronisasi.

Lalu juga ada beberapa aplikasi pendukung lainnya seperti Zune untuk memutar file multimedia, dapat memasukan lagu layaknya seperti pada iTunes untuk iOS. Lalu juga terinstall aplikasi  pendukung seperti HTC Hub lalu ada Peta yang terhubung dengan Bing Maps, Photo Enhancer dan lain-lain.

Spesifikasi

  • OS Windows Phone 7.5 Mango
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 3G HSDPA 900 / 2100
  • 1 GHz Scorpion Qualcomm MSM8255 Snapdragon, Adreno 205
  • S-LCD capacitive multitouch touchscreen, Resolusi 480 x 800 pixels, 3.8 inches dan berbahan Gorilla Glass display
  • Rear Camera 5 MP, 2560?1920 pixels, autofocus, LED flash,
  • Front Facing camera VGA
  • HD Video Recording 720p@30fps
  • 8 GB storage, 512 MB RAM
  • Stereo FM radio with RDS
  • GPS
  • Yes, v2.1 with A2DP, EDR
  • WiFi

Kalau mau lihat spesifikasi lengkapnya bisa masuk ke disini


Melihat spesifikasi diatas pasti Anda penasaran dengan performanya. Kami coba benchmark dengan menggunakan Aplikasi WP bench free. Aplikasi tersebut bisa didownload di Marketplace dengan gratis. Berikut hasilnya:


Di test untuk bermain game dengan Need For Speed Hot Pursuit, Splinter Cell dan Fusion: Sentinent cukup  memuaskan. Terkadang memang suka mengalami lag ketika game baru mulai. Selanjutnya berjalan dengan mulus. Banyak pilihan game-game menarik dan juga sudah support kualitas HD di Marketplace dengan harga yang tidak lebih dari $5.

Camera yang ditanam beresolusi 5MP. Meskipun sudah banyak smartphone lain yang membenamkan 8MP tetapi jangan salah persepsi dengan camera HTC Radar. Meskipun hanya dibenamkan sebesar 5MP, Hasilnya sangat memuaskan. Kondisi lowlight pun minim dengan noise. Untuk Video Recording juga sudah support 720p dan juga pantas diacungi jempol. Dalam perekaman video sudah mendukung 30fps. Terkadang dalam perekaman video pada awalnya terjadi lag selama sepersekian detik.

Untuk daya tahan, sebenarnya HTC Radar ini bukanlah yang terbaik apabila dilihat dari sisi penggunaan baterai tetapi bisa dikatakan sudah cukup hemat. Dibekali dengan baterai internal Standard battery, Li-Ion berkekuatan1520 mAh yang tidak dapat diganti atau dilepas, dengan penggunaan email untuk pekerjaan, twitter aktif, Facebook, bermain games, browsing dan juga foto-foto, daya tahan baterai hanya bisa bertahan 10 jam saja.

(+)

  • Bentuk dan mateial casingnya cukup bagus dan tidak terlihat murahan
  • Tidak seperti yang orang-orang bayangkan kalau Windows Phone itu sulit penggunaannya. Padahal dari user interfacenya sendiri sangatlah sederhana.
  • Kualitas Camera sangat bagus
  • Layar jernih karena sudah S-LCD dan sudah menggunakan Corning Gorilla Glass
  • Pilihan aplikasi dan games sangat banyak di Marketplace

 

 (-)

  • Tidak ada memori slot
  • Tdak ada port MicroHDMI,
  • Pengguna masih belum familiar karena lama tenggelam dari OS platform lain

Kesimpulan:

Sebenarnya setelah saya coba HTC Radar ini selama beberapa hari, apa yang dikatakan orang-orang bahwa Windows Phone tidak bisa menyaingi OS platform lain sepertinya salah besar. Melihat dari user interface yang sederhana, penggunaan yang tidaklah ribet sepertinya Windows Phone ke depannya dapat bersaing di kancah persaingan OS Smartphone. HTC mengawali Windows Phone 7.5 Mango ini dengan HTC Radar. Dengan harga yang ditawarkan tidak sampai Rp 5 juta, spesifikasi dan performa yang sudah di test beberapa hari ini tidaklah mengecewakan. Mungkin Windows Phone bisa menjadi alternatif  bagi yang sudah bosan dengan smartphone yang Anda gunakan sekarang ini.

Sumber: tim jeruknipis.com / @jeruknipiscom

 

Share :

Related Articles


Comments (0). Be The First to Comment!

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
BBM Channel
Login Here

PLEASE LOGIN

Silahkan login untuk mendapatkan tips dan trick gadget anda.

Verified by Visa    Mastercard Securecode