Welcome to Jeruknipis.com...
Review Nokia Lumia 710, Ponsel Windows Phone Dengan Harga Terjangkau

News > Gadget

Review Nokia Lumia 710, Ponsel Windows Phone Dengan Harga Terjangkau

Posted at 2012-04-23 05:31:02 (1373 view)

Lumia 710 melengkapi 2 ponsel Windows Phone dari Nokia bersama Lumia 800 yang hadir untuk pasar high-end dengan harga Rp 5.25 juta. Sedangkan Lumia 710 masuk ke dalam pasar dengan harga lebih terjangkau, yaitu Rp 2.9 juta dengan prosesor dan sistem operasi yang kurang lebih tidak berbeda. Lalu apa yang membuat harganya terpaut jauh?

Desain

Mungkin dari desainnya saja Anda akan mengetahui bahwa Lumia 710 dibuat untuk memperkenalkan Windows Phone bagi mereka yang ingin mencobanya dengan budget terbatas. Desain Lumia 710 terbuat dari material plastik yang membuatnya lebih ringan dengan bobot 125.5g, berbeda dari Lumia 800 yang memiliki berat 142g karena memiliki material desain polycarbonate.

Sementara Gorilla glass hadir untuk memperkuat layar dan bagian depan ponsel dari penggunaan ekstrim, bagian belakang Lumia 710 memiliki back cover yang mudah dilepas dan diganti warnanya sesuai keinginan Anda. Anda pun bebas memilih lima warna yang disediakan Nokia dari white fuchia, white black, white yellow, white white dan white blue.

Lumia 710 juga memiliki standar kontrol yang menghiasi ekterior ponsel, seperti tiga tombol back, home dan search yang terlihat agak menyembul keluar. Namun ketika kami coba mengoperasikan ketiga tombol ini ternyata memerlukan sedikit penekanan. Selebihnya semua tombol seperti volume, kamera dan power dapat berfungsi dengan sempurna.

Layar

Seperti kami jelaskan sebelumnya, layar Lumia 710  dengan Gorilla Glass dengan diameter 3,7 inci dan resolusi 800 x 480, sama seperti Lumia 800. Namun dalam sisi teknologi, Lumia 800 memiliki layar AMOLED dengan warna dan kontras yang lebih detil, sedangkan Lumia 710 hanya berbekal LCD saja.

Menurut kami, dengan mempertimbangkan harga, kualitas layar Lumia 710 lebih dari cukup dengan warna putih yang cerah sedangkan hitamnya terlihat pekat. Kualitas layar yang dihasilkan oleh Lumia 710 dipengaruhi oleh teknologi ClearBlack yang mampu meningkatkan kontras lebih tinggi pada warna putih. Tentu ukuran layar 3,7-inci memang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Apple iPhone 4S, meskipun resolusi layar tidak terlalu mengesankan.

Fitur

Kamera 5 megapiksel memang terlihat sederhana namun cukup efektif yang mampu memberikan gambar tajam dan bersih di cahaya terang, sedikit noise di dalam ruangan, namun masih bisa dimaklumi. Sementara video 720p HD cukup layak dipamerkan bersama teman dan keluarga. Sementara fitur lain yang biasa Anda temukan di smartphone lain, seperti, Wi-Fi, GPS, kompas dan banyak lagi.

Salah satu yang membuat ponsel ini sangat berbeda tentunya Windows Phone 7.7 Tango yang membuat Anda memiliki aplikasi berguna seperti Nokia Maps, Xbox Live dan People, yang  menggabungkan jaringan sosial, kontak dan pesan menjadi satu sistem yang mudah diakses.

Bila dibandingkan dengan Android dan iOS, Windows Phone 7 memang terasa kurang di bagian app store karena mereka pendatang baru, tetapi kami nyakin Nokia dengan Windows Phone akan segera mengejar jumlah aplikasi mereka yang rencananya akan naik menjadi 100.000 aplikasi di Marketplace pada saat Windows Phone 8 muncul. Namun berbeda dari OS pesaingnya, Marketplace Windows Phone memberikan Anda kesempatan untuk merasakan sebuah aplikasi berbayar atau trial dalam waktu tertentu, selanjutnya terserah Anda.

Performa

Jika berbiacara kinerja, kami bisa mengatakan Nokia Lumia 710 benar-benar menunjukkan kehebatan, khususnya dibandingkan dengan saingan Android-nya yang berharga mirip, seperti HTC Wildfire S. Dengan kekuatan yang sama seperti Lumia 800, yaitu prosessor 1.4GHz dan RAM 512MB, maka Lumia 710 tidak akan pernah terasa lambat. Bahkan Anda bisa menggeser antar halaman dengan sangat cepat, layaknya menggunakan smartphone high-end yang harga selangit.

Baterai

Ketahanan baterai Lumia 710 memang tidak terlalu luar biasa tetapi stabil dengan sinyal operator di Indonesia yang labil. Namun Anda tetap harus mengisi kembali baterai setiap hari atau dua hari pada pemakaian yang wajar. Saran kami, gunakan operator yang memiliki sinyal kuat dan Anda bisa menyisakan beberapa jam lagi untuk keadaan darurat.

Harga: Rp 2.9 juta

(+) Performa Hebat
(+) Body Ringan
(+) Harga Terjangkau

(-) Aplikasi Terbatas
(-) Layar Belum AMOLED

Spesifikasi:
Display: ClearBlack display, 3.7" touchscreen
Personalisation: Swappable covers, changeable home screen colours
People Hub: Facebook, Twitter, LinkedIn, email, Chat, SMS
Internet: Bing, Internet Explorer 9, HTML5, Wi-Fi
Camera: 5 MP Auto Focus, LED Flash and HD Video

Share :

Related Articles


Comments (0). Be The First to Comment!

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Login Here

PLEASE LOGIN

Silahkan login untuk mendapatkan tips dan trick gadget anda.

Verified by Visa    Mastercard Securecode