Oppo Find 7 Pre Order
Kunjungi kami di MEGA FAIR @ MOI, LG floor s/d 22 Juli 2014
Smartfren
7 Aplikasi Sosial Kamera Terbaik Untuk Android dan iOS

News > Gadget

7 Aplikasi Sosial Kamera Terbaik Untuk Android dan iOS

Posted at 2012-09-11 06:58:31 (13798 view)

Siapa sih yang tidak kenal Instagram? Mungkin kamu sekarang tengah mengunakan aplikasi ini. Setelah sukses Instagram, menyusul kehebohan aplikasi Path yang lebih fokus pada berbagi foto dengan teman. Namun selain dua aplikasi tersebut, sebenarnya ada aplikasi sosial kamera lainnya yang tidak kalah hebatnya. Apa saja aplikasinya? Simak tulisan kami berikut: 

1. Instagram

Semua Android fan boy sontak gembira saat Instagram benar-benar hadir di Android. Ya. Aplikasi ini memang telah ditunggu cukup lama, setelah begitu banyak rumor bertebaran sebelum Instagram resmi tersedia di Google Play. Terbukti dengan angka download Instagram untuk Android yang mencapai 5 juta kali hanya dalam waktu 1 minggu saja. Lalu apa fitur apa saja yang membuat Instagram begitu populer dikalangan fografer amatir dan juga penggiat sosial media?

Bagi Anda yang belum mengenal, Instagram adalah sebuah aplikasi fotografi dengan dukungan sosial networking yang memungkinkan Anda berbagi foto yang bekerja mirip dengan Twitter. Tentu tidak aneh jika Kevin Systrom sang pendiri Instagram, ternyata juga pemilik Twitter yang akhirnya sempat menyesalkan pembelian Instagram oleh Facebook.

Mirip dengan beberapa aplikasi foto di Android lainnya, Instagram juga menawarkan sejumlah efek sederhana yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat untuk di'share' ke Twitter, Facebook, dan Tumblr.

Dengan semakin hebatnya kualitas kamera dari handset Android dan dukungan editing tool  Android 4.0, Instagram di Android akan berpengaruh besar pada perkembangan komunitas sosialnya yang kini telah mencapai lebih dari 15 juta user yang tersebar di seluruh dunia.

Download Path di Google Play Store

Download Path di AppStore

2. Path App

Path adalah aplikasi mobile yang bisa kamu gunakan sebagai jurnal pribadi dan membaginya dengan teman-teman dekat dan keluarga melalui perangkat iPhone dan Android. Pendiri Path, Dave Morin mengatakan bahwa Path adalah aplikasi yang dapat memberikan penggunanya fasilitas untuk memotret semua pengalaman mereka." Meski tanpa dukungan fan fanatik BlackBerry, "Path" sebagai media sosial telah mampu menghasilkan jutaan pengguna sejak diluncurkan awal bulan November 2010.

Path menjadi aplikasi ideal bagi siapa saja yang pernah mengalami kesulitan dengan sosial network mereka yang sangat besar. Aplikasi Path melayani mereka yang membutuhkan cara lebih pribadi untuk berbagi hal-hal yang Anda ingin sebarkan dengan orang-orang yang benar-benar penting bagi Anda.

Jika Anda enggan untuk berbagi atau berinteraksi di Facebook karena sudah terlalu ramai dan tidak cukup intim , maka cobalah mengundang teman-teman terdekat Anda untuk terhubung dengan Path sebagai ganti Facebook.

3. Streamzoo

Streamzoo diluncurkan pada Februari 2011 oleh Phonezoo Communications, Inc, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Ram Ramkumar dan Manish Vaidya, dan didanai oleh Draper ventura Tim kapitalis DFJ Ventures, Inc.

Saat Instagram belum mengunjungi Android, Streamzoo adalah aplikasi foto sosial yang sangat populer dengan jumlah filter dan framenya yang begitu banyak. Dan terbukti hingga kini belum ada aplikasi foto yang mampu menyaingi fitur Streamzoo di Android, bahkan setelah tersedianya Instagram di Android sekalipun.

Streamzoo merupakan aplikasi sosial yang didedikasikan untuk berbagi gambar dan video dengan pengguna fotografi lainnya. Navigasi dan interface aplikasi ini telah dibuat sesederhana mungkin untuk mempermudah Anda dalam meng-upload konten, browsing foto dan video user lain, dan berinteraksi dengan komunitas.

Streamzoo bekerja dengan mengatur foto dan video dengan berbagai tanda hashtags seperti # nature, # pantai, dan tentu saja # android. Setelah membuat akun, Anda bisa mem-follow Streams, serta pengguna tertentu, seperti Anda mengikuti teman di Facebook atau topik di Twitter. Di homescreen app, semua konten di Streams akan disusun secara kronologis dalam pada Feed. Bila foto baru ditambahkan, notifikasi akan segera muncul di atas ikon.

Download Streamzoo di Google Play Store

Download Streamzoo di AppStore.

4. MyTubo

Mytubo memang tidak terlalu terkenal seperti dua aplikasi foto sebelumnya, tetapi aplikasi ini memiliki basis pengguna yang berdedikasi tinggi untuk menggunakan Mytubo. Hebatnya aplikasi yang dibuat saat Instagram belum mendarat di Android ini, memiliki beberapa elemen mirip dengan Instagram. Hal ini bisa terlihat dari user interface, filter dan frame milik Instagram.  

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar, menambahkan efek yang kebanyakan bergaya retro, dan berbagi melalui jaringan sosial Mytubo, Facebook atau Twitter. Terlebih lagi, Anda dapat berbagi lokasi Anda tertanam dalam gambar Anda. Mytubo pun juga terintegrasi dengan Google Maps.

Seperti aplikasi foto yang lain, Anda harus membuat account di Mytubo dan di website. Interface utama dalam Mytubo adalah Streams gambar dari pengguna mengikuti layanan ini. Satu hal yang kita perhatikan adalah bahwa pengguna Mytubo tampaknya sangat terlibat. Ada orang di seluruh "like" dan mengomentari gambar.

Download Mytubo di Google Play Store

5. Cymera

Cymera pada dasarnya adalah salah satu aplikasi pendukung kamera yang akan membuat setiap pengguna Android menjadi fotografer profesional hanya dalam sekejap. Jika Anda berpikir Instagram hebat, tunggu sampai Anda menggunakan Cymera yang mampu menggabungkan banyak fitur baru, termasuk mode pengambilan gambar yang berbeda, tipe lensa kamera, koreksi gambar, dan banyak lagi.

Cymera sangat mudah digunakan dan hanya membutuhkan satu hal dan itu adalah login account Cyworld Anda. Account ini opsional, karena Anda masih dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus memiliki account. Setelah Anda bisa melewati login Cymera, pengguna disuguhi beberapa layar tutorial yang dapat dengan mudah dicerna. Tutorial ini membantu pengguna memahami antarmuka utama aplikasi. Dari sana, Anda akan dibawa ke layar utama menangkap foto.

Pada layar foto utama menangkap, banyak pilihan disajikan dalam tema Polaroid berwarna-warni dengan kontrol untuk Toggling senter, radial dan linear tilt shift, mode pengambilan gambar, galeri aplikasi, dan pergeseran antara kamera belakang dan depan. Selain itu, pengguna juga dapat memperbesar dan memperkecil dengan menyesuaikan tingkat kamera zoom.

Download Cymera di Google Play Store

6. Lightbox Photos app

Lightbox untuk Android adalah aplikasi kamera browser sosial yang secara otomatis mampu melakukan sinkronisasi semua foto Anda ke account Lightbox.com. Bahkan Anda dapat membuat semua foto terlihat secara terbuka di foto wall Lightbox.com Anda juga.

Ketika Anda pertama kali men-download dan menginstal Lightbox, Anda akan melihat dua ikon baru muncul di menu aplikasi Anda: Camera by Lightbox dan Lightbox Photos. Anda tidak perlu bingung, karena ini adalah dua entry point yang berbeda untuk aplikasi yang sama. Satu ikon akan membawa Anda langsung ke browser foto, sementara ikon lainnya berfungsi mengaktifkan kamera. Karena Lightbox pada dasarnya adalah sebuah dual aplikasi, tentu akan menyenangkan jika Anda memiliki dua shortcut yang berbeda pula.

Pertama, mari kita lihat kamera Lightbox. Kamera tersebut memiliki fitur yang cukup dasar, karena dilengkapi dengan kontrol flash standar dan tombol switch kamera. Tombol switch ini berfungsi merubah antara kamera depan (jika tersedia) dan belakang. Dan Aplikasi kamera biasa tidak memiliki fitur ini, yang menurut kami seharusnya ada seperti di Lightbox.

Setelah memotret, seperti biasa Anda akan diberikan beberapa pilihan filter seperti Lomo, B & W, Retro, Sepia, fisheye, dan 8 Bit. Pilih salah satu yang Anda suka, tetapi waspadalah, karena setelah Anda menggunakan filter, maka itu permanen. Karena Aplikasi ini tidak menyimpan salinan atau foto asli yang dimodifikasi.

Download Lightbox Photos app di Google Play Store

Download Lightbox Photos app di AppStore

7. Snapr

Snapr adalah aplikasi berbagi foto keren yang dimiliki platform Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengambil dan berbagi foto baik di Snapr atau melalui Facebook, Twitter, Tumblr dan Foursquare, sehingga Snapr memiliki elemen sosial yang benar-benar kuat untuk Anda coba gunakan.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, fitur antarmuka pengguna yang luar biasa dan Snapr sepenuhnya bisa didownload secara gratis. Salah satu hal yang biasa Anda cari dalam sebuah aplikasi yang baik adalah user interface yang cerdas. Jika Anda ingin menggunakan berbagai fitur, mengundang teman, upload gambar, berbagi hal yang saya lihat dan lakukan, dan semuanya itu akan menghabiskan banyak waktu yang tentunya diperlukan user interface yang layak.

Menurut kami, Snapr memiliki interface yang cukup sederhana. Desainnya cukup simple namun tersusun dengan rapi dan bekerja dengan mulus. Berbagai fitur aplikasi seperti menjelajahi menu, dashboard, Streams dan profil adalah pengalaman yang benar-benar positif dan intuitif. Navigasi antara layar responsif dan cepat, tidak akan membuat Anda menunggu terlalu saat jeda di antara layar.

Download Snapr di Google Play Store

Download Snapr di AppStore

 

Share :

Related Articles


Comments (0). Be The First to Comment!

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Login Here

PLEASE LOGIN

Silahkan login untuk mendapatkan tips dan trick gadget anda.

Verified by Visa    Mastercard Securecode