Welcome to Jeruknipis.com...
Seniman New York Buat Peta dari Tulisan Warga Setempat

News

Seniman New York Buat Peta dari Tulisan Warga Setempat

Posted by andreas at 2013-08-12 09:00:00 (829 view)

Jerukers mungkin sempat kesulitan untuk menemukan sebuah restoran enak atau sebuah tempat pariwisata di sebuah kota, sebelum ditemukannya aplikasi peta digital. Namun dengan semakin banyaknya aplikasi yang mengizinkan para penggunanya untuk meng-update tempat-tempat khusus, alhasil kehidupan kita pun menjadi terasa semakin mudah.

Tetapi seniman Nobutaka Aozaki memilih cara yang berbeda untuk membuat peta yang menunjukkan tempat-tempat melancong. Bukannya membuat sebuah aplikasi, tetapi seniman asal Jepang ini justru membangun sebuah peta dengan mengumpulkan peta-peta kecil yang digambarkan di beragam media, mulai dari tissue, piring plastik, kertas styrofoam, dsb.

Di dalam sebuah proyek yang ia namakan “From Here to There”, Aozaki berusaha mengoleksi berbagai data mengenai tempat-tempat khusus di kota New York, Amerika Serikat. Caranya sangat mudah, ia mendatangi beberapa warga setempat dan meminta mereka membuatkan sebuah peta jalan untuk menuju ke suatu tempat secara rinci.

Aozaki sendiri bukanlah seorang wisatawan. Tetapi demi menyelesaikan proyek uniknya ini, ia berdandan layaknya seorang turis yang tengah tersesat, dengan membawa sebuah kantung plastik penuh barang belanjaan. Ia pun telah menyiapkan berbagai strategi agar warga setempat rela menggambarkan peta untuknya.

“Sebagian orang akan mengeluarkan smartphone-nya dan menunjukkan tempat yang dituju dengan peta digital,” ujar Aozaki, seperti yang JerukNipis kutip dari The Verge, Sabtu (10/08/13). “Tetapi saya akan bilang, ‘Saya akan cepat lupa. Tolong gambarkan saja petanya!’”

Proyek Aozaki memang masih jauh dari kata selesai, karena ia belum mampu mengumpulkan data-data lengkap. Namun bila sudah rampung, maka kita bisa melihat sebuah peta kota yang memiliki petunjuk arah, lengkap dengan informasi-informasi soal restoran, kafe, dan tempat-tempat menarik lainnya. (AS)




Share :

Related Articles


Comments (0). Be The First to Comment!

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Login Here

PLEASE LOGIN

Silahkan login untuk mendapatkan tips dan trick gadget anda.

Verified by Visa    Mastercard Securecode