Review Asus Zenwatch 2: Jam Tangan Pintar Murah, Tanpa Kesan Murahan

Review Asus Zenwatch 2: Jam Tangan Pintar Murah, Tanpa Kesan Murahan

Jam tangan pintar memang bukan barang yang begitu penting, lantaran pada dasarnya adalah perpanjangan tangan dari smartphone. Belum lagi, kisaran harga yang rata-rata dibanderol Rp5 jutaan membuat niatan memiliki smartwatch semakin urung.

Sebut saja vendor sekelas Apple, Samsung, Lenovo, dan Huawei lebih dahulu mengimingi pasar Indonesia dengan Jam tangan pintar canggih. Namun entah mengapa, harganya terlampau tinggi hingga membuat persepsi “tidak penting-penting amat” mencuat.

Namun, persepsi itu perlahan mulai mengubah pikiran, sejak arloji pintar Asus Zenfone 2 masuk pasar Indonesia beberapa waktu lalu. Harga yang dibanderol benar-benar sangat bersaing, kemampuan dan tampilanya juga tidak kalah diantara para rivalnya.

Asus Indonesia kebetulan mengirimkan ZenWatch 2 Wren, Metal Strap, Silver seharga Rp2,9 juta. Kami menggunakannya dalam waktu yang cukup lama kurang lebih 3 bulan. Hasilnya, smartwatch ini memiliki user experience yang sangat baik meskipun dibanderol murah. Berikut ulasannya :

Smartwatch & Paket penjualan

Smartwatch ZenWatch 2 dibanderol cukup murah ketimbang para rival terdahulunya yang sudah lebih dahulu ada di Indonesia. Meski murah, Asus Zenwatch 2 tetap memperhatikan tampilan kemasan.

Box Zenwatch 2 cukup premium, dengan sedikit warna yang mendominasi. Kecil memang, namun cukup memuat sebuah unit jam, kabel charger, charger dan lembaran kartu garansi hingga pentunjuk penggunaan.

Nah langsung saja, selanjutnya menuju tahap mengaktifkan ZenWatch 2. Pada tahap ini, kita harus melakukan sinkronisasi dengan ponsel yang sudah terpasang aplikasi Android Wear terlebih dahulu.

Selanjutnya, koneksi dilakukan via Bluetooth. Cukup Ikuti perintahnya dan konfirmasi kode serupa yang muncul di layar smartwatch dan ponsel. Sekarang, Asus ZenWatch 2 sudah bisa digunakan.

Desain Menarik

Arloji ini menyodorkan desain kotak. Memang tidak terlalu favorite ketimbang smartwatch berbentuk bundar. Walau begitu, ketika disematkan dipergelangan tangan kesan premium tetap jelas terasa. Oh ya, rasa nyaman juga turut tak ketinggalan.

Materialnya terbuat dari logam krom, tipis namun terasa kokoh. Belum lagi jam ini sangat ringat ketika bersemayam dipergelangan tangan. Setiap bagian yang ada pada jam tangan pintar ini, terlihat begitu deti. Crown atau tombol di samping bodinya ditempatkan dengan sangat pas, tepat di bagian tengah dengan ukuran yang sangat proporsional.

Layar sentuh Asus ZenWatch 2 dijejali Corning Gorilla Glass 3 yang merupakan lapisan pelindung anti gores, berulang kali smartwatch ini tergores meja atau bahkan dinding saat tanpa sengaja tersandung. Hasilnya, layar 1,6 inci itu pun masih mulus tanpa bekas. Benar-benar teruji.

Tingkat resolusi layar menyentuh angka 320×320 piksel. Dengan begitu, smartwatch ini masih kalah ketimbang Samsung Gear S2 dengan resolusi 360×360 piksel atau Huawei Watch dengan 400×400 piksel. Kendati demikian, kecerahannnya cukup membantu dan terasa nyaman dimata. Terlebih saat penggunaan dibawah sinar matahari, kontrasnya tetap terjaga.

Lebih dari itu, Asus ZenWatch 2 juga dilengkapi sertifikasi IP67 sehingga tahan debu dan air. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika smartphone ini kamu digunakan saat sedang hujan atau bahkan berenang. Tapi tunggu dulu, kamu hanya boleh membawanya ‘nyebur’ tidak lebih dari 1,5 meter saja.

Performa & Fungsi

Asus ZenWatch 2 terasa mulus dan sangat responsif, bahkan lebih cepat ketimbang Moto 360 1st Gen. Jeroannya dipersembahkan chipset Qualcomm dual core, Snapdragon 400 dengan dukungan RAM 512MB berikut memori internal 4GB yang setara dengan smartwatch Huawei Watch dan Moto 360.

Seperti smartwatch pada umumnya, kita bisa menggoyangkan tangan untuk mengaktifkan layarnya. Asyiknya, jam tangan pintar ini dilengkapi banyak aplikasi pendukung yang dihadirkan Asus. Saat kamu membuka Play Store, aplikasi khusus untuk ZenWatch bakal bertebaran disana.

Seperti ZenWatch Remote dan Zenwatch manager misalnya, untuk Zenwatch remote kamu bisa mengoperasikan kamera smartphone dari ZenWatch, seperti viewfinder, zoom dan self-timer. Sedangkan Zenwatch manager merupakan aplikasi untuk mengubah tampilan jam yang bisa diganti dengan pilihan yang sangat banyak.

Masih kurang ? kamu bisa mendesain template sendiri, terdapat pilihan jam analog dan jam digital yang bisa kamu buat sesuai selera.

Fungsi dari Asus ZenWatch sejatinya terletak pada pencatat gerakan, sensor detak jantung, melihat peta, notifikasi telepon, notifikasi aplikasi seperti whatsApp, instagram atau bahkan jejaringan sosial seperti path dan facebook.

Dengan begitu konsentrasi tidak akan terganggu, semua notifikasi hadir langsung di pergelangan, membuat kamu tidak perlu mengeluarkan smartphone dari saku. Saat kamu berkendara, kamu juga bisa langsung menjawab pesan singkat dari pergelangan tangan atau bahkan menelepon dengan menggunakan jam sebagai Bluetooth mic dan speaker.

Baterai

Asus ZenWatch 2 tersemat dipergelangan tangan kami bisa bertahan hidup hingga kurang lebih 35 jam lamanya dengan aktifitas yang cukup padat. Aktifitas ini berupa layar yang sering menyala dengan kontras tinggi, notifikasi hingga 6 aplikasi sekaligus yakni WhatsApp, 2 akun gmail, instagram, facebook, path, serta line.

Hasilnya, bisa disimpulkan daya tahan baterainya cukup baik. Untuk pengisian daya, Asus menyematkan fitur Asus HyperCharge yang dapat mengisi baterai dari 20% ke 100% hanya dalam waktu setengah jam saja. Isi ulang baterainya bisa dilakukan lewat adaptor dengan konektor magnetik yang sangat mudah dipasang.

Kesimpulan

Lebih dari 3 bulan bersama Asus ZenWatch 2, jam tangan ini begitu sangat membantu dalam keseharian. Terlebih saat sedang berkendara sepeda motor maupun melengkapi aktifitas kebugaran. Bahkan banyak diantara teman dan kerabat kerap kali bertanya-tanya kecanggihan smartwatch ini saat kali pertama melihatnya.

Asus ZenWatch 2 memiliki ketahan baterai yang sangat baik, pilihan varian juga sangat beragam. Saat bosan dengan tali jam, kamu bisa dengan mudah menggantinya berkat fitur quick-release yang bisa dicopot pasang.

Dan yang terpenting banderolnya sangat murah dari pada Smartwatch kebanyakan dengan fungsi dan kecanggihan yang sama. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp2.399.000. untuk menjadikannya alternatif fungsi smartphone. Tidak mendesak memang, namun jika ingin menikmati pengalaman fungsi jam yang menjadi asisten pribadi, ini menjadi kebutuhan di era yang serba modern saat ini.

Kelebihan :

-Harga sangat bersaing

-Desain premium

-baterai irit

-tali jam dapat diganti sesuai selera

-Didukung Aplikasi yang cukup banyak oleh Asus

-Mendukung iOS dan Android

- Memiliki speaker

- Terdapat konektifitas Wifi

- Tahan air, IP67

-Terdapat pilihan ukuran Pria dan Wanita

-Fitur lengkap

Kekurangan

-Bagian bawah jam berbentuk cembung

-Charger mudah terlepas

- bingkai layar cukup tebal

(ARB)