Review Sennheiser HD 231i : Suara Mantap Harga Bersahabat

Review Sennheiser HD 231i : Suara Mantap Harga Bersahabat

Seinhesser identik dengan brand premium untuk kalangan berkantong tebal. Kualitas menjanjikan, menimbulkan prestise bagi sang pengguna hingga melegenda ditelinga kalangan audiophile menjadi pelengkap dari sajian brand ini.

Produknya pun bermacam macam dari yang sangat mahal, menengah dan paling terjangkau. Seperti Sennheiser HD 231i misalnya, yang baru-baru ini diluncurkan. Produk ini masuk kedalam jajaran kelas menengah yang dibanderol senilai Rp 1,3 juta-an. Lalu apa yang menarik dari headphone ini ?

Desain



Dengan harga Rp 1 Jutaan, Jerukers jangan berharap banyak dari segi desain. Sennheiser HD 231i dibuat sangat sederhana tanpa adanya embel-embel mewah yang melekat. Headphone ini hanya dibalur material plastik yang berkelir warna hitam. Dengan begitu, kesan ringkih jelas terasa.

Logo Sennheiser yang tersohor, juga tampak malu-malu hadir ditubuh HD 231i. Pasalnya, logo tersebut hanya ada dibagian atas saja yang diletakan satu sisi, itupun hanya berupa tempelan cat.

Meski minus dalam hal tampilan, tidak demikian untuk urusan kenyamanan. Headphone Sennheiser HD 231i nyaris tanpa cela. Sennheiser memberikan kulit sintetis empuk yang tidak menyerap keringat pada bantalan telinga sehingga sangat nyaman ketika digunakan dalam waktu lama.

Belum lagi, lengkung gagang headphone diberikan busa dengan lapisan kulit sehingga saat nyaman ketika bersentuhan dengan kepala dan leher saat dikalungkan.

Oh ya, HD 231i ini juga dilengkapi remote pengaturan seperti volume, pause dan skip track. Remote tersebut berfungsi untuk yang tidak ingin mengeluarkan playernya saat mendengarkan musik. Memory wire juga terpasang pada earphone ini, tugasnya  memastikan agar kabel tidak bergoyang pada bagian atas sehingga tidak mengganggu fitting pada earphone tersebut.



Kualitasnya juga semakin kentara berkat adanya jack 3.5 mm sepanjang 3 meter dan adapter 6.3 mm berlapis emas untuk menjamin ketahanan yang lebih lama sehingga penggunanya bisa bergerak cukup jauh dari pemutar musik. Namun begitu, kelemahannya yakni sedikit merepotkan ketika digunakan di tempat umum.

Kualitas Suara



Menyandang nama Sennheiser, sudah bisa dipastikan suara yang dihantarkan tidak mengecewakan. Untuk bass yang berada pada frekuensi rendah, bisa dikatakan sebagai nilai jual dari earphone ini. Bass nya begitu merespon dengan cepat berpadu dengan instrumen yang ada, lontaran kata ‘renyah’ sungguh pantas dilemparkan untuk headphone ini.

Dalam pengujian, kami mendengarkan musik dengan kualitas .mp3 320kbps dan berbentuk file .flac dalam berbagai jenis genre musik mulai dari genre Electronics, Dance, Orchestra, Rock, hingga Soundtrack. Hasilnya, lantunan bass cukup baik hingga mengesankan siaran lansung.

Tak puas, kami pun mulai berlanjut untuk manaikan frekuensi lebih lagi. Sayang, hasilnya tak memuaskan, suara terkesan ‘kotor’ dan dentuman Bass kini hilang begitu saja.

Sennheiser HD 231i cocok untuk para audiophile (penikmat kualitas audio terbaik) pemula, kulitasnya cukup menjanjikan walau disandingkan dengan desain yang tidak menarik. Namun yang perlu dicatat yakni seri HD 231i ini lebih ditujukan untuk perangkat Apple, saat digunakan pada perangkat Android bersiap saja kualitas flat dirasakan. Tentu, perbedaannya tidak terlalu kentara.

Kelebihan Sennheiser HD 231i



- Ringan

- Nyaman digunakan

- Terdapat pengaturan Volume

- Bass merespon dengan cepat

- kualitas suara begitu menjanjikan

Kelemahan Sennheiser HD 231i



- Material plastic

- Desain sangat umum

- Logo Seinhesser dikemas tidak premium

- Maksimal diperangkat Apple saja

(ARB)