Asus Zenfone 2 Laser ZE601K 6 Inci : Si Bongsor untuk Kebutuhan Multimedia Lebih Baik

Asus Zenfone 2 Laser ZE601K 6 Inci : Si Bongsor untuk Kebutuhan Multimedia Lebih Baik

Bulan April lalu Zenfone 2 Laser 6 inci resmi mendarat di Tanah Air. Selain ukuran layar yang diperluas, jeroannya juga turut didongkrak menjadi lebih lagi. Asus disebut-sebut menyodorkan perangkat ini untuk pengguna yang membutuhkan fasilitas multimedia mumpuni. Benarkah begitu ?

Terlebih smartphone bongsor yang patut disebut Phablet ini disokong kamera dengan fasilitas Laser yang membuatnya sangat cepat menangkap focus hingga asik digunakan untuk fotografi ponsel lantaran sederet fitur yang juga dihadirkan untuk smartphone ini.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak tanggapan Tim JerukNipis saat menjajal Zenfone 2 Laser 6 inci dengan kode ZE601K ini, setelah menggunakannya hingga lebih dari 1 bulan lamanya.

Design

Layaknya Zenfone 2 Laser sebelumnya, diseri ini hampir tanpa perubahan sedikit pun terkecuali ukurannya yang dibuat lebih besar. Kesan tipis juga masih melekat ketika menggunakan Zenfone 2 Laser 6 inci ini lantaran memiliki ketipisan hanya 3.9 mm saja.

Bobotnya cukup ringan hanya 190g saja, membuatnya masih dalam katagori nyaman untuk digenggam meskipun memiliki dimensi bongsor. Menuju bagian belakang, terlihat adanya garis memanjang vertical yang membentang tepat ditengah berguna sebagai fungsi volume up dan volume down sekaligus juga tombol Shutter kamera.

Diatasnya terlihat cukup ‘ramai’ dengan adanya lubang kamera yang cukup kecil diapit dengan laser auto focus dan dual LED flash. Bergeser sedikit kebagian bawah, terdapat tulisan Zenfone dengan segaris lubang speaker, penempatan pada bagian belakang membuat smartphone ini tidak ‘lantang’ berteriak ketika menutupi tangan saat digenggam maupun diletakan diatas meja.

Sementara itu, pada bagian samping kiri dan kanan Asus membiarkannya tanpa tombol apapun untuk mempertahankan ketipisannya. Sebagai gantinya, tombol lock screen disematkan pada bagian atas. Dengan layar sedemikian besar serta tombol yang terfokus dibagian belakang, sudah bisa dipastikan Asus Zenfone 2 laser 6 inci selalu saja membutuhkan kedua tangan untuk pengoprasiannya.

Zenfone 2 laser 6 inci tidak seperti Zenfone Max yang dilapisi bahan ‘kulit jeruk’ pada bagian belakang untuk menangkal licin saat digunakan. Pada Zenfone 2 laser ini kamu harus berhati-hati untuk tidak terjatuh karena permukaannnya yang cukup licin, solusi satu-satunya dengan membeli case selain menambah tampilan juga bisa menghindari kamu dari hal yang tidak diinginkan. Keseluruhan desain Zenfone 2 laser 6 inci ini sangat menggoda terlebih bagi kamu yang senang dengan layar besar.

Display

Sesuai judul diatas, Zenfone 2 Laser ZE601KL menawarkan layar besar berukuran 6 inci dengan resolusi super bright IPS HD 720x1280 piksel dengan kepadatan layar hingga 367. Dengan resolusi ini layarnya cukup memanjakan mata pengguna, namun ketajamannya kurang ‘greget’ jika diajak menyaksikan gambar HD layarnya cenderung agak kekuningan ketimbang smartphone lain.

Namun begitu, ini bukan kendala yang berarti. Zenfone 2 Laser ZE601KL tetap asyik untuk digunakan, terlebih layarnya sangat kuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4 yang berarti kamu tidak perlu repot-repot menempelkan tempered glass untuk melindungi layar smartphone ini.

Dalam kondisi Indoor, smartphone ini terlihat jernih, dengan reproduksi warna natural. Ketika diajak main keluar rungan dengan paparan sinar matahari yang keras, seketika warna pada layarnya menjadi pudar. Solusinya, pengguna harus menaikan kontras menjadi penuh untuk bisa melihat layar dengan baik meskipun masih agak kurang jelas.

Layarnya sangat responsif, sapuan tangan yang berulang kali menyentuh layar benar-benar tanpa kendala. Terlebih layar Zenfone 2 Laser ZE601KL ini mampu merespon sentuhan hingga 10 jari sekaligus, terbukti ketika kami menjajalnya dengan multitouch.

Performance

Smartphone ini menyodorkan prosesor buatan Qualcomm yakni Snapdragon 616 octa core 64-bit up yang bisa diajak berlari hingga kecepatan 1,7GHz. Sedangkan untuk penyokong grafisnya memakai Qualcomm Adreno 405 GPU 550 MHz.

Jika versi sebelumnya mengusung prosesor quad-core Snapdragon 410 berkecepatan 1,2 GHz yang didukung GPU Adreno 306 dan RAM 2 GB. Maka untuk Zenfone 2 Laser ZE601KL 6 inci ini dibekali dengan RAM 3GB serta internal memori 32GB yang bisa didobrak hingga 128GB berkat adanya bantuan Slot-memori.

Sesuai janji Asus smartphone ini dibuat untuk kebutuhan multimedia, saat Tim JerukNipis menjajalnya secara langsung dengan memainkan sejumlah game berat hingga menjajal berbagai macam aplikasi benar-benar tanpa kendala. Menjalankan aplikasi standar seperti WhatsApp, Line, Gmail, Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, serta Waze smartphone ini lebih dari cukup.

Asyiknya lagi, ketika menjalankan aplikasi edit video sekelas VideoShow maupun Quik milik GoPro proses rendering dengan durasi video 25 menit hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Sangat enteng menggunakan Zenfone 2 Laser ZE601KL untuk pekerjaan berat sekalipun.

Diatas ‘kertas’ smartphone ini juga memperoleh benchmark yang cukup baik, berikut detilnya :

 

Selain itu, untuk pengguna yang gemar fotografi dan tidak mau repot memindahkan foto ke smartphone dari kamera melalui wireless, respon microSD nya juga sangat baik. Saat kami mencabut MicroSD dari kamera Mirroless maupun GoPro untuk memindahkannya pada Zenfone 2 Laser ZE601KL hanya mmebutuhkan waktu 1 menit saja untuk smartphone ini medeteksinya dan tidak perlu di restart seperti smartphone lain, sangat membantu bagi para penikmat fotografi.

Dari segi konektifitas smartphone ini sudah mengadopsi jaringan 4G LTE Seperti LTE Band 1 (2.100), LTE Band 6 (900), LTE Band 3-9 (1.800). Terdapat juga dukungan dual sim pada bagian belakang yang bisa digunakan salah satu dijaringan 4G LTE.

Pendukung konektifitas lainnya juga turut dihadirkan seperti WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super Fast Wi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm jack audio, GPS, BDS hingga GLONASS.

Untuk baterai, smartphone ini menggunakan Lithium-Polimer 3000 mAh yang dapat dilepas. Hal ini sangat menguntungkan, seiring pemakaian baterai bisa saja menjadi rusak. Dengan kondisi ini, pengguna dengan mudah dapat mengganti dengan baterai baru.

Yang perlu dicatat selama pengujian, baterai berkapasitas 3000 mAh ini tidak cukup bertahan lama untuk aktifitas keseharian dengan menghidupkan wifi, Bluetooth secara terus menerus, aktif pada aplikasi social media, bermain game dan memotret hanya mampu bertahan hingga 5 jam saja.

Berikut tampilan UI :

Kamera

Zenfone 2 Laser ZE601KL memiliki kemampuan kamera yang bisa diandalkan berkat laser Auto Focus yang bertengger tepat disamping lensa kamera. Tanpa berlama-lama fokusnya mampu dibungkus dengan waktu kurang dari 0,2 detik saja, saat shutter ditekan seketika titik merah muncul mengikuti irama jepretan pada ruang lasernya.

Tangkapanya juga bukan asal jadi, melainkan tetap mempertahankan kualitasnya. Meskipun dalam kondisi cahaya minim tetap saja kamera utama masih bisa diandalkan, untuk yang tidak puas dengan mode Auto bisa beralih ke mode Manual untuk merubah pengaturan AF, ISO, hingga white balance sesuai selera.

Oia, kamera utama Zenfone 2 Laser ZE601KL sendiri menggunakan sensor 13 MP dengan bukaan sebesar f/2.0 berikut 5 element lensa seperti Largan Lens, dual tone flash dan PixelMaster kamera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%.

Untuk berselfie ria, smartphone ini dilengkapi kamera depan 5 MP Autofokus dengan bukaan f/2.0. Lensa depanya juga cukup Wide mampu menangkap hingga 8 orang, jika tidak ‘muat’ terdapat mode selfie panorama yang tentunya bakal lebih luas lagi.

Selain mode Selfie panorama terdapat mode lainnya layaknya smartphone Asus pada umumnya seperti Beutification hingga level 10,night, HDR, effect, Low Light, Gif animation, slow motion, hingga time lapse yang kesemuanya memberikan pengalaman lebih untuk berkreatifitas.

Berikut cotoh hasil foto menggunakan Zenfone 2 Laser ZE601KL :

Kamera depan :

Kesimpulan

Dengan banderol hanya Rp 3,5 juta smartphone ini dijejali dengan sejumlah fitur mumpuni yang biasanya disematkan vendor lain dengan harga lebih tinggi. Performa cepat salah satu hal yang dijagokan pada Zenfone 2 Laser ZE601KL ini, terlebih kamera utama 13MP yang disokong pada smartphone ini sangat bisa diandalkan.

Yang hobi berselfie bakal dimanjakan oleh smartphone ini dengan sederet mode yang dihadirkan. Namun untuk kamu yang senang akan kepraktisan, smartphone ini tidak disarankan lantaran ukurannya yang bongsor hingga tak muat disetiap saku yang kami gunakan.

Lain halnya untuk kamu yang hobi bermain game, mengedit foto, hingga menonton video pada ukuran layar besar smartphone ini sangat bisa diandalkan dan memanjakan mata karena memang begitu fungsinya. Diciptakan untuk kebutuhan multimedia lebih.

Top Notch

- Layar 6 inci resolusi super bright IPS HD 720x1280 piksel

- Dimensi 164,55 x 84 x 3,5~10,55mm

- Prosesor Qualcomm Snapdragon 616 octa core 64-bit up to 1,7GHz,

- Grafis Qualcomm Adreno 405 GPU 550 MHz

- RAM 3GB, Internal memori 32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis

- 4G LTE, Dual SIM Bluetooth 4.0, A-GPS, GLONASS, WiFi 802.11 b/g/n, microUSB

- OS Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur, upgradable to Android 6 Marshmallow

- Baterai Lithium-Polimer 3000 mAh

- Harga Rp3.599.000

Kelebihan

- Performa mumpuni

- Layar besar

- Bobot ringan

- Tipis

- Kamera utama dapat diandalkan

- Baterai dapat dilepas

- Deteksi memori card dengan sangat cepat

Kelamahan

- Baterai boros

- Posisi speaker berada dibelakang dan mudah tertutup

- Bodi licin sehingga mudah terjatuh

(ARB)